Kehidupan di abad ke-21 menuntut berbagai keterampilan yang harus
dikuasai seseorang, sehingga diharapkan pendidikan dapat mempersiapkan
siswa untuk menguasai berbagai keterampilan tersebut agar menjadi
pribadi yang sukses dalam hidup. Keterampilan-keterampilan penting di
abad ke-21 masih relevan dengan empat pilar kehidupan yang mencakup
learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live
together. Empat prinsip tersebut masing-masing mengandung keterampilan
khusus yang perlu diberdayakan dalam kegiatan belajar, seperti
keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, metakognisi,
keterampilan berkomunikasi, berkolaborasi, inovasi dan kreasi, literasi
informasi, dan berbagai keterampilan lainnya. Pencapaian keterampilan
abad ke-21 tersebut dilakukan dengan memperbarui kualitas pembelajaran,
membantu siswa mengembangkan partisipasi, menyesuaikan personalisasi
belajar, menekankan pada pembelajaran berbasis proyek/masalah, mendorong
kerjasama dan komunikasi, meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa,
membudayakan kreativitas dan inovasi dalam belajar, menggunakan sarana
belajar yang tepat, mendesain aktivitas belajar yang relevan dengan
dunia nyata, memberdayakan metakognisi, dan mengembangkan pembelajaran
student-centered. Berbagai keterampilan abad ke-21 harus secara
eksplisit diajarkan. Secara singkat, pembelajaran abad ke-21 memiliki
prinsip pokok bahwa pembelajaran harus berpusat pada siswa, bersifat
kolaboratif, kontekstual, dan terintegrasi dengan masyarakat. Peran guru
dalam melaksanakan pembelajaran abad ke-21 sangat penting dalam
mewujudkan masa depan anak bangsa yang lebih baik.
Dibawah ini ada beberapa literasi tentang kemampuan berpikir Kreatif:
1. JURNAL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
2. BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI MATEMATIS
Demikian yang dapat saya share, semoga dapat menambah literasi dan menerapknnya ke dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar